Sunday, January 22, 2012

Cina wajibkan identitas asli pengguna internet.!

Jakarta – Bentuk intervensi pemerintah di dunia maya tidak hanya terjadi di negeri Paman Sam. Di negara China pun para warganya mendapatkan perlakuan yang sama. Hanya yang membedakan adalah, di China setiap pengguna internet diwajibkan mendaftarkan dirinya dengan identitas asli pengguna internet.

Mereka para pengguna akun Facebook dan Google + pun termasuk warga yang mengisi nama dengan benar. Wang Chen sebagai atase negara yang mengawasi semua urusan internet di China mengatakan, bahwa tujuan akhir dari pemerintah adalah untuk mendapatkan data 250 juta microblogger.

Tak hanya itu, menurut informasi yang dilansir New York Times dan dikutip Telsetnews, Kamis (18/01), Weibo, sebagai situs jejaring sosial sejenis Twitter pun diharuskan menerapkan syarat yang ketat kepada calon penggunanya. Sayangnya, bentuk perlawanan yang bisa dilakukan tidak sebesar gerakan Anti SOPA di Amerika Serikat.

Jelas-jelas, tindakan pemerintah ini merupakan sebuah pengekangan hak yang selama ini dikampanyekan oleh pengguna internet di China. Nantinya isu-isu kebebasan berbicara akan mendapatkan rintangan yang besar.[tsn/hbs]
Sumber

Related Posts by Categories

No comments:

Post a Comment

Sebelum nya Saya ucapkan Terimakasih atas kehadiaran anda di Blog saya. kehadiran anda sangat Berarti bagi saya. dan alangkah indah nya anda sudi mendinggalkan Komentar agar kedepan nya saya lebih baik lagi :) Salam.