Saturday, May 26, 2012

Media Iran Menolak Mediasi Dengan Barat Mengenai Nuklir

Teheran, Media Iran pesimistis mengenai pembicaraan nuklir lanjutan antara Teheran dan negara-negara besar dunia yang akan digelar di Moskow, Rusia bulan depan. Mereka pun menyerukan untuk menghentikan negosiasi tersebut. Alasannya, pembicaraan nuklir di Baghdad, Irak pekan ini tak menghasilkan apa-apa.

"Solusinya: hentikan negosiasi," tulis editorial harian garis keras Iran, Kayhan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (26/5/2012).

"Lebih baik tidak menghadiri pembicaraan tersebut karena orang saat ini bisa menduga bahwa pembicaraan di Moskow juga tak akan memperoleh hasil," kata Hossein Shariatmadari, direktur Kayhan yang diangkat oleh pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

Menurut Shariatmadari, negara-negara besarlah yang menginginkan negosiasi terus berlangsung supaya "mereka bisa mengendalikan harga minyak".

"Pembicaraan nuklir di Baghdad berakhir tanpa hasil," tulis surat kabar konservatif, Jomhuri Eslami dalam editorialnya hari ini.

"Kebuntuan bisa diselesaikan saat Barat menghentikan dominasi rezim Israel. Sebelum itu terjadi, Iran tak bisa mengharapkan perubahan apapun dalam pendekatan Barat," tulis Jomhuri Eslami.

Israel, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya mencurigai Iran diam-diam tengah mengupayakan pembuatan senjata atom lewat program nuklir yang dijalankannya. Namun pemerintah Iran membantah keras tudingan tersebut. Ditegaskan Teheran, program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai, yakni sebagai pembangkit energi bagi kepentingan sipil.

Related Posts by Categories

No comments:

Post a Comment

Sebelum nya Saya ucapkan Terimakasih atas kehadiaran anda di Blog saya. kehadiran anda sangat Berarti bagi saya. dan alangkah indah nya anda sudi mendinggalkan Komentar agar kedepan nya saya lebih baik lagi :) Salam.